Suaraairlangga.com, Lamongan – Bertepatan dengan momen Hari Kebangkitan Nasional, (Harkitnas) Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi (YES) didampingi Wakil Bupati Lamongan, Abdul Rouf melaksanakan launching produk UMKM Lamongan di retail modern, Kamis (20/05/2021).
Produk UMKM Lamongan ini resmi didistribusikan dan dijual di retail modern ditandai dengan penandatanganan sertifikat launching dan pelepasan merpati. Diungkapkan Bupati YES, ada sekitar 50-an produk UMKM Lamongan yang diseleksi dan hasilnya saat ini 16 produk sudah masuk di retail modern.
“Saya yakin, produk IKM Lamongan ini tidak akan mengecewakan, Lamongan sudah terkenal dengan ibu-ibu yang kulinernya luar biasa. Sebelum masuk retail modern ini produk dites dulu, diseleksi, dilihat bagaimana prospeknya juga. Dari sekitar 50-an produk yang dimasukkan ada 16 produk yang hari ini sudah masuk,” terang Bupati YES.
Bupati YES menambahkan, produk UMKM Lamongan ini tidak hanya dipasarkan di Lamongan, namun juga di tempat lain. Oleh karena itu, Bupati YES berharap produk Lamongan tidak hanya berhenti sampai disini, namun bisa terus update, mengikuti pasar, serta ketersediaan produk juga harus rutin.
“Jangan sampai nanti sudah kerjasama, permintaannya besar, terus tidak siap. Jadi ini sudah dipertimbangkan dengan berbagai hal dan tidak hanya dipasarkan di Lamongan. Terima kasih, ini in-line dengan GERAKAN AYO BELI PRODUK LAMONGAN yang substansi dan tujuannya adalah bagaimana supaya penjualan ataupun omset penjualan IKM Lamongan bisa meningkat,” tambah Bupati YES.
16 produk Lamongan yang berhasil masuk retail modern, yakni produk : 1. Bu Bintang Krupuk Trasi, 2. Jajanan Ibu Kembang Goyang, 3. Jajanan Ibu Kuping Gajah, 4. Jajanan Ibu Pastel Mungil, 5. Twinfood Jackfriut Coffee, 6. An-Nur Kopi Rempah, 7. An-Nur Wedang Pokak, 8. Kirana Teri Krezz.
Lalu produk 9. Jajanan Ibu Kerupuk Ikan Tengiri, 10. Snackchat Akar Kelapa, 11. Baloon Ladu Sing Cemilan Kekinian, 12. Snackchat Gapit Ketan Rasa Bawang, 13. 2R Ting-Ting Rasa Original, 14. 2R Kripik Singkong Ayam Panggang, 15. Jozz Emping Melinjo, dan 16. Palupi Soes Kering Original.
“Kami titip produk IKM dan UMKM Lamongan, agar terus bisa berkembang, untuk menyongsong kebangkitan ekonomi di Kabupaten Lamongan khususnya, di Jatim, dan utamanya di Negeri Nusantara yang kita cintai ini,” harap Bupati YES.
Ditambahkan Veronica Gratiawati, selaku Branch Manager dari retail modern yang bekerjasama dengan UMKM lokal Lamongan, bahwa untuk masuk ke retail modern perusahaannya disortir melalui 6 poin, yakni telah didaftarkan di Disperindag Lamongan, bersertifikat halal, mencantumkan expired date, memiliki PIRT, dicek komposisi dan gramasi, serta melalui uji kemasan.
“Untuk masuk ke retail modern perusahaan kami, barang telah disortir melalui 6 poin. Selain itu, dilakukan pengecekan rasa konsistensi barang juga diperlukan, jangan sampai permintaan tinggi namun barang tidak tersedia,” jelas Veronica. *[JP]